logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Agama Sanggau

Jln. Jenderal Sudirman km 7 No. 14 A, Kode Pos 78511 , Sanggau, Kalimantan Barat.

Dalam Seminggu PA Sanggau Sukses Laksanakan Dua Kali Sidang Terpadu di dua Kabupaten yang Berbeda

Dalam Seminggu PA Sanggau Sukses Laksanakan Dua Kali Sidang Terpadu di dua Kabupaten yang Berbeda

Dalam Seminggu Pengadilan Agama Sanggau Berhasil melaksanakan dua kali Sidang Terpadu di dua kabupaten yang berbeda, kali ini Sidang Itsbat Nikah Terpadu Bertempat di Gedung GPU (Gedung Pertemuan Umum) Kecamatan Sekadau Hulu, Kamis (19/9) dihadiri Pemda Sekadau, Dinas Dukcapil Kab. Sekadau, Kemenag Kab. Sekadau, Camat Sekadau Hulu, Bank Syariah Mandiri Kcp Sanggau dan Bank Kalbar Kc. Sekadau.

“Sidang Terpadu Kali ini merupakan kegiatan untuk kedua kalinya dalam seminggu, setelah senin kemarin kita laksanakan kegiatan yang sama di Tayan Hulu Kabupaten Sanggau. Pengadilan Agama Sanggau Terus Berupaya Turun kelapangan untuk melaksanakan  sidang itsbat terpadu dan penyuluhan Hukum kepada masyarakat, supaya kebiasaan masyarakat untuk Nikah siri dihilangkan karena itu sangat merugikan, dari isteri maupun Anak,”Ungkap Ketua PA Sanggau M. Toyeb, S.Ag.M.H. dalam Sambutannya.

Masyarakat yang mengikuti sidang Itsbat Terpadu

Ketua PA Sanggau Menambahkan bahwa Sidang Itsbat Nikah Terpadu ini merupakan salah satu usaha yang diberikan oleh Pengadilan Agama Sanggau untuk memberikan akses yang seluas-luasnya kepada masyarakat pencari keadilan yang kurang mampu sekaligus dalam rangka menjalankan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 01 Tahun 2015 tentang Pelayanan Terpadu Sidang Keliling Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama/Mahkamah Syar’iyah dalam Rangka Penerbitan Akta Perkawinan, Buku Nikah, dan Akta Kelahiran.

Panitera Pengadilan Agama Sanggau Kokon Furkon, S.H.I., menyampaikan bahwa program itsbat nikah akan terus dilaksanakan di Kabupaten Sanggau dan Kabupaten Sekadau dengan melakukan pendataan pada tiap kecamatan agar masyarakat Kabupaten Sekadau khususnya masyarakat tidak mampu dapat memiliki buku nikah dan akta kelahiran. dengan demikian PA Sanggau mengharapkan kerjasama Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau dan Kementerian Agama Kabupaten Sekadau serta pihak lainnya.

Foto Bersama Penyerahan Produk Sidang Terpadu

Bupati Sekadau yang diwakili oleh Staf Ahli Ir.Bambang Darmawan Dalam Pesannya Bupati Sekadau mengapresiasi kegiatan pelayanan terpadu isbat nikah ini dan mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak terkait yang telah bisa melaksanakan kegiatan ini. Beliau menjelaskan bahwa pelaksanaan Pelayanan Terpadu Isbat Nikah ini bertujuan untuk mewujudkan tertib administrasi kependudukan guna memberikan perlindungan dan pengakuan terhadap penentuan status pribadi dan status hukum atas setiap peristiwa kependudukan dan peristiwa penting yang dialami oleh penduduk.

Sambutan Ketua PA sanggau M. Toyeb, S.Ag,.M.H

Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau terus mendukung Pelayanan terpadu diwilayahnya karena masih banyak masyarakat di Kabupaten Sekadau yang tidak mempunyai  Buku Nikah dan Akta Kelahiran. ini merupakan tugas kita bersama. ‘’Kami sampaikan Terimakasih Khususnya pihak Perbankkan (BSM Sanggau dan BPD Sekadau) yang menjadi sponsor utama, sehingga kegiatan ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dengan berperkara secara gratis” Tambahnya.

Dalam pelayanan terpadu ini, penetapan itsbat nikah langsung dikeluarkan sesaat setelah perkara diputus oleh majelis Hakim. Selanjutnya penetapan tersebut diserahkan ke pihak KUA untuk penerbitan buku nikah. berdasarkan buku nikah, Dinas Dukcapil mengeluarkan akta kelahiran bagi anak-anak para pihak pengguna layanan terpadu. (Arf)







Info Perkara Anda

Informasi Perkara Banding
Pencarian Cepat Informasi Perkara bagi masyarakat umum dan Para Pencari Keadilan yang ingin mengetahui status perkaranya.

Rekapitulasi & Statistik Perkara SIPP

Rekapitulasi Data SIPP
Sebagai bentuk transparansi, kami menyajikan data realtime Informasi Perkara Masuk, Putus, Sisa. disajikan secara Detail Perjenis perkara dengan Data Perbulan dan PertahunLebih Lanjut

 

disajikan juga kinerja dari Pengadilan Agama Sanggau berupa Statistik Perkara di Tahun Berjalan sebagai bentuk transparansi dan layanan informasi. Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi
Sebagai bentuk layanan informasi hukum dan perundangan, kami sajikan pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum baik pada Mahkamah Agung maupun Pengadilan Agama Sanggau. Gunakan form di bawah ini untuk melakukan pencarian cepat.

 

Cari di Mahkamah Agung Republik Indonesia :


Cari di Pengadilan Agama Sanggau :


Daftar Putusan Pengadilan Agama Sanggau

Daftar Putusan Pengadilan TinggiBerdasarkan SK KMA 144/KMA/VIII/2007 tentang Keterbukaan Informasi di Pengadilan. dan SK KMA Nomor 1-144/KMA/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan

Lebih Lanjut

Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi ?

Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi ?Berdasarkan SK KMA 144/KMA/VIII/2007 tentang Keterbukaan Informasi di Pengadilan. dan SK KMA Nomor 1-144/KMA/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan

Lebih Lanjut