logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Agama Sanggau

Jln. Jenderal Sudirman km 7 No. 14 A, Kode Pos 78511 , Sanggau, Kalimantan Barat.

Sidang Itsbat Nikah Terpadu dan Nikah Massal Kembali digelar

Sidang Itsbat Nikah Terpadu dan Nikah Massal Kembali digelar

Sidang Itsbat Nikah Terpadu dan Nikah Massal kembali digelar Oleh Pemda Sanggau yang bekerjasama dengan Pengadilan Agama dan Kemenag Kabupaten Sanggau serta didukung Oleh Bank BRI Cabang Sanggau, Bertempat di Aula Masjid Besar Ar-Rahman Sosok Kecamatan Tayan Hulu Kabupaten Sanggau yang terletak di Jalan raya Sanggau-Sosok KM. 49. Senin (16/9/2019) dihadiri Pemda Sanggau, Dinas Dukcapil Kab. Sanggau, Kemenag Kab. Sanggau, Camat Tayan Hulu, Danramil , Polsek Serta BUMN/BUMD.

Foto Bersama Penyerahan Produk Pelayanan Terpadu: Penetapan Pengadilan, Buku Nikah, KK, KTP dan Akta Kelahiran

Bupati Sanggau yang diwakili asisten III Jhoni Irianto  dalam sambutannya menyatakan bahwa sebelumya meminta maaf karena Bupati berhalangan hadir dikarenakan ada agenda lain namun demikian tidak mengurangi komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau untuk terus mendukung Pelayanan terpadu diwilayahnya karena masih banyak masyarakat di Kabupaten Sanggau yang tidak mempunyai  Buku Nikah dan Akta Kelahiran. “Pelayanan terpadu ini menjadi kebutuhan mendesak karena identitas hukum menjadi persyaratan utama dari semua administrasi negara, Kami (Pemda Sanggau)  sangat mendukung dan siap membantu pelayanan seperti ini. Semoga tahun depan pelayanan terpadu ini bisa diadakan lagi untuk masyarakat Kabupaten Sanggau”.

Jhoni menambahkan bahwa kegiatan ini salah satu bentuk dari delapan program Prioritas Daerah Kabupaten Sanggau yaitu  “Sanggau Tertib”. Dalam arti Tertib Administrasi Negara yaitu Dengan Adannya Pernikahan yang dicatat dalam lembar negara yaitu Buku Nikah Serta Kependudukan Lainnya seperti Kartu Keluarga, KTP dan Akta Kelahiran Anak. “Untuk mencapai Seven Brand Images, Sanggau maju infrastruktur, Sanggau Pintar, Sanggau Sehat, Sanggau tertib, Sanggau bersih dan indah, Sanggau terang dan Sanggau budiman, Salah satunya menggandeng Instansi Vertikal seperti kegiatan sekarang ini. “Katanya.

Foto Bersama dengan Forkompinda

Dalam Pesannya Bupati Sanggau mengapresiasi kegiatan pelayanan terpadu isbat nikah ini dan mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak terkait yang telah bisa melaksanakan kegiatan ini. Beliau menjelaskan bahwa pelaksanaan Pelayanan Terpadu Isbat Nikah ini bertujuan untuk mewujudkan tertib administrasi kependudukan guna memberikan perlindungan dan pengakuan terhadap penentuan status pribadi dan status hukum atas setiap peristiwa kependudukan dan peristiwa penting yang dialami oleh penduduk. Pemda Sanggau memberikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada pasutri yang telah sadar akan pentingnya dokumentasi dalam kehidupan bernegara.

Ketua Pengadilan Agama Sanggau M. Toyeb, S.Ag.M.H. Menyampaikan Kegiatan Sidang Terpadu Kali ini merupakan kegiatan untuk kedua kalinya di Kabupaten Sanggau yang sebelumnya telah sukses dilaksanakan di Kecamatan Parindu.

Dalam  Pelayanan Terpadu Sidang Itsbat Nikah dan Nikah Massal kali ini Ada 33 Perkara Itsbat Nikah yang disidangkan dan 3 Pasang Untuk Nikah massal.

Ketua PA Sanggau Menambahkan bahwa Sidang Itsbat Nikah Terpadu ini merupakan salah satu usaha yang diberikan oleh Pengadilan Agama Sanggau untuk memberikan akses yang seluas-luasnya kepada masyarakat pencari keadilan yang kurang mampu sekaligus dalam rangka menjalankan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 01 Tahun 2015 tentang Pelayanan Terpadu Sidang Keliling Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama/Mahkamah Syar’iyah dalam Rangka Penerbitan Akta Perkawinan, Buku Nikah, dan Akta Kelahiran, mengharapkan kerjasama Pemerintah Daerah Kabupaten Sangau dan Kementerian Agama Kabupaten Sanggau. Kegiatan Sidang Terpadu salah satunya Untuk mewujudkan Sanggau TERTIB.

Pelaksanaan Sidang Itsbat Nikah


Panitera Pengadilan Agama Sanggau Kokon Furkon, S.H.I., menyampaikan bahwa program itsbat nikah akan terus dilaksanakan di Kabupaten Sanggau dengan melakukan pendataan pada tiap kecamatan agar masyarakat Kabupaten Sanggau khususnya masyarakat tidak mampu dapat memiliki buku nikah dan akta kelahiran.

Dengan Kehadiran lengkap para top leaders pada pelayanan terpadu di Kabupaten Sanggau  menunjukkan betapa tingginya dukungan dan komitmen Pengadilan Agama, Kemenag dan Pemda Sanggau dalam menyajikan pelayanan kepada masyarakat tidak mampu Khususnya di Kabupaten Sanggau. (Arf)







Info Perkara Anda

Informasi Perkara Banding
Pencarian Cepat Informasi Perkara bagi masyarakat umum dan Para Pencari Keadilan yang ingin mengetahui status perkaranya.

Rekapitulasi & Statistik Perkara SIPP

Rekapitulasi Data SIPP
Sebagai bentuk transparansi, kami menyajikan data realtime Informasi Perkara Masuk, Putus, Sisa. disajikan secara Detail Perjenis perkara dengan Data Perbulan dan PertahunLebih Lanjut

 

disajikan juga kinerja dari Pengadilan Agama Sanggau berupa Statistik Perkara di Tahun Berjalan sebagai bentuk transparansi dan layanan informasi. Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi
Sebagai bentuk layanan informasi hukum dan perundangan, kami sajikan pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum baik pada Mahkamah Agung maupun Pengadilan Agama Sanggau. Gunakan form di bawah ini untuk melakukan pencarian cepat.

 

Cari di Mahkamah Agung Republik Indonesia :


Cari di Pengadilan Agama Sanggau :


Daftar Putusan Pengadilan Agama Sanggau

Daftar Putusan Pengadilan TinggiBerdasarkan SK KMA 144/KMA/VIII/2007 tentang Keterbukaan Informasi di Pengadilan. dan SK KMA Nomor 1-144/KMA/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan

Lebih Lanjut

Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi ?

Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi ?Berdasarkan SK KMA 144/KMA/VIII/2007 tentang Keterbukaan Informasi di Pengadilan. dan SK KMA Nomor 1-144/KMA/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan

Lebih Lanjut