logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Agama Sanggau

Jln. Jenderal Sudirman km 7 No. 14 A, Kode Pos 78511 , Sanggau, Kalimantan Barat.

Sosialisasi dan Verifikasi Peserta Sidang Itsbat Nikah Terpadu

Sosialisasi dan Verifikasi Peserta Sidang Itsbat Nikah Terpadu

Pembukaan Sosialisasi dan Verifikasi Peserta sidang itsbat nikah terpadu kembali digelar, kali ini kegiatan dilangsungkan di Aula Masjid Besar Ar-Rahman Sosok Kecamatan Tayan Hulu Kabupaten Sanggau yang terletak di Jalan raya Sanggau-Sosok KM. 49. Kamis (15/8/2019). Hadir dalam Kegiatan tersebut Pemda Kabupaten Sanggau, Kemenag Kabupaten Sanggau, Dukcapil Kabupaten Sanggau,Sekcam Tayan Hulu, KUA Tayan Hulu dan BRI Cabang Sanggau.

Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Agama Sanggau  M. Toyeb, S.Ag,.M.H. menyampaikan kegiatan sidang terpadu ini merupakan program prioritas Dirjen Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia dan juga Pelaksanaan Peraturan Mahkamah Agung (PERMA) Nomor 1 Tahun 2015.

Ketua PA Sanggau Memberikan Sambutan Sekaligus membuka sosialisasi

Ketua PA Sanggau mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan Itsbat Nikah yang didukung sepenuhnya oleh Bank BRI Cabang Sanggau dengan menyokong seluruh biaya pendaftaran itsbat Nikah, maka beliau meminta Masyarakat Kecamatan Tayan Hulu dan sekitarnya ikut bersyukur dan terbantu dengan adannya Bantuan dari Bank BRI Cabang Sanggau, Sehingga Masyarakat yang berperkara tidak membayar sepeserpun dalam melakukan Itsbat Nikah.

Dan kedepannya diharapkan kegiatan kerjasama ini akan tetap berlanjut sehingga  dalam rangka memberikan pelayanan kepada Masyarakat Kabupaten Sanggau untuk Kepemilikan Status Hukum Perkawinan dan Kependudukan yang lebih cepat, sederhana dan Biaya Ringan dapat Terlaksana.

Hingga Bulan Agustus Ini PA Sanggau Sudah berhasil dua kali Melaksanakan Sidang Terpadu dan ini merupakan Kali ketiga ditahun 2019. sehingga Dengan adanya sidang Terpadu yang kali ini akan dilaksanakan di Kecamatan Tayan Hulu, maka secara langsung dapat memangkas biaya dan waktu karena Pihak Pengadilan Agama Sanggau langsung datang ke Lokasi, ke tengah masyarakat sehingga masyarakat tidak perlu datang ke Sanggau. “ Tambah beliau dalam sambutannya.

Beliau menyampaikan pentingnya untuk membangun kesepahaman dalam menuntaskan permasalahan pemenuhan dokumen kependudukan ini melalui program Sidang Itsbat Nikah Terpadu. Program ini diharapkan dapat meminimalisir pasangan nikah yang belum punya buku nikah. Apalagi saat ini, buku nikah begitu penting, terutama untuk pengurusan berbagai keperluan administrasi kependudukan”. “ Ujarnya

Pemda Sanggau yang diwakili Sekretaris Camat Tayan Hulu Bapak Manudi  dalam sambutannya, sangat mendukung Pelayanan terpadu diwilayahnya karena masih banyak masyarakat di Kabupaten Sanggau  yang tidak mempunyai  Buku Nikah dan Akta Kelahiran sehingga masyarakat sangat terbantu dengan adanya kegiatan tersebut.

Sambutan dari Pemda Kab. Sanggau

‘’sidang Itsbat yang akan dilaksanakan ini untuk membantu masyarakat yang sudah menikah tapi belum memiliki buku Nikah, sehingga kepemilikan status hukum perkawinan dan kependudukan bagi masyarakat kabupaten Sanggau tidak ngambang lagi dan akan tercatat dalam dokumen negara” Ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Kabid Kependudukan Dinas Dukcapil Kabupaten Sanggau Yusnani, S.H. menyampaikan bahwa setiap peristiwa perkawinan harus tercatat oleh petugas pencatat nikah dan memiliki buku nikah agar tercipta administrasi kependudukan yang tertib sehingga nantinya memudahkan dalam pembuatan akte kelahiran serta kartu keluarga. Selain itu sebagai bukti outentik perkawinan serta menjamin hak-hak anak atau keturunan serta hak waris.

Sambutan dari Dinas Dukcapil Kab. Sanggau

Hal Senada juga disampaikan oleh Kementerian Agama Kabupaten Sanggau diwakili Kasi Bimas Islam Drs.H. Toyib Saefudin AlayubiDalam pelayanan terpadu ini, pasangan suami-isteri yang sudah nikah secara sah menurut agama diitsbatkan pernikahannya oleh Pengadilan Agama (PA), kemudian atas dasar penetapan PA itu KUA mencatatkan pernikahan dan mengeluarkan Kutipan Akta Nikah berupa Buku Nikah. Sementara Dinas Dukcapil mencatatkan dan mengeluarkan Akta Kelahiran anak-anak dari pasangan yang pernikahannya sudah dicatatkan dan dikeluarkan Buku Nikahnya. 

Kementerian Agama Kab. Sanggau Memberikan Sambutan

“kedepan diharapkan masyarakat tidak lagi menikah dibawah tangan (siri) karena dapat merugikan isteri dan anak karena tidak tercatat dalam dokumen negara dan hilangnya hak isteri maupun anak, Sekarang Nikah Dikantor KUA Gratis maka diharapkan masyarakat memanfaatkan itu’’. Tambahnya.

Bank BRI Cabang Sanggau secara Simbolis Menyerahkan bantuan

Dalam kegiatan tersebut Bank BRI Cabang Sanggau secara simbolis menyerahkan Bantuan Untuk Pendaftaran Itsbat Nikah Kepada Masyarakat Kecamatan Tayan Hulu yang diwakili oleh Sekretaris Camat dan disaksikan Oleh Tamu Undangan dan Masyarakat Kecamatan Tayan Hulu.

Pada kesempatan yang sama, Zuliansyah bin Ahmad Yani dan Istrinya Marhamah binti Supiono salah satu pihak yang berperkara menyampaikan terimakasih kepada PA Sanggau dan Pemda beserta Bank BRI Cabang Sanggau atas diselenggarakannya Kegiatan Sidang Terpadu ini (Itsbat Nikah),” hal ini sangat membantu kami, selama ini kami bingung bagaimana caranya kami mengurus Buku Nikah dan membuatkan Akte Kelahiran anak saya,karena untuk mengurus sekolah anak sekarang diperlukan Akte kelahiran, padahal saya menikah sudah puluhan tahun dan sah menurut agama, dan baru sekarang semuanya sudah terjawab. “Ujarnya dengan wajah yang bahagia. (Arf)







Info Perkara Anda

Informasi Perkara Banding
Pencarian Cepat Informasi Perkara bagi masyarakat umum dan Para Pencari Keadilan yang ingin mengetahui status perkaranya.

Rekapitulasi & Statistik Perkara SIPP

Rekapitulasi Data SIPP
Sebagai bentuk transparansi, kami menyajikan data realtime Informasi Perkara Masuk, Putus, Sisa. disajikan secara Detail Perjenis perkara dengan Data Perbulan dan PertahunLebih Lanjut

 

disajikan juga kinerja dari Pengadilan Agama Sanggau berupa Statistik Perkara di Tahun Berjalan sebagai bentuk transparansi dan layanan informasi. Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi
Sebagai bentuk layanan informasi hukum dan perundangan, kami sajikan pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum baik pada Mahkamah Agung maupun Pengadilan Agama Sanggau. Gunakan form di bawah ini untuk melakukan pencarian cepat.

 

Cari di Mahkamah Agung Republik Indonesia :


Cari di Pengadilan Agama Sanggau :


Daftar Putusan Pengadilan Agama Sanggau

Daftar Putusan Pengadilan TinggiBerdasarkan SK KMA 144/KMA/VIII/2007 tentang Keterbukaan Informasi di Pengadilan. dan SK KMA Nomor 1-144/KMA/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan

Lebih Lanjut

Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi ?

Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi ?Berdasarkan SK KMA 144/KMA/VIII/2007 tentang Keterbukaan Informasi di Pengadilan. dan SK KMA Nomor 1-144/KMA/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan

Lebih Lanjut