logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Agama Sanggau

Jln. Jenderal Sudirman km 7 No. 14 A, Kode Pos 78511 , Sanggau, Kalimantan Barat.

Sukses Gelar Sidang Itsbat Nikah Terpadu Tahun 2019, Pemda Sekadau Ajak Kegiatan Tersebut Berlanjut

Sukses Gelar Sidang Itsbat Nikah Terpadu Tahun 2019, Pemda Sekadau Ajak Kegiatan Tersebut Berlanjut

Pelayanan terpadu antara Pengadilan Agama, Kementerian Agama dan Dinas Dukcapil sukses digelar di Aula Kantor Camat Nanga Taman Kabupaten Sekadau Kamis 02 Mei 2019. Ini merupakan pelayanan terpadu kedua kalinya setelah tahun sebelumnya sukses dilaksanakan di Kantor desa Merapi Kecamatan Sekadau Hilir.

Turut hadir dari Pemda Kabupaten Sekadau yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau Zakaria Kepala KUA Kecamatan Nanga Taman Rukhiyat, S.H.I. dan KUA Nanga Mahap Bukhari, S.Ag., Kepala Desa Nanga Kiungkang Ansri dan Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (DUKCAPIL) Kabupaten Sekadau. Sebanyak 10 Perkara disidangkan dalam kegiatan tersebut,

Pembukaan Sidang Itsbat Nikah

Ketua Pengadilan Agama Sanggau M. Toyeb, S.Ag,.M.H.  menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang membantu terwujudnya pelayanan terpadu ini. Kegiatan ini tidak mungkin terwujud tanpa kerja sama semua pihak.

Dalam pelayanan terpadu ini, penetapan itsbat nikah langsung dikeluarkan sesaat setelah perkara diputus oleh majelis hakim. Selanjutnya penetapan tersebut diserahkan ke pihak KUA untuk penerbitan buku nikah. berdasarkan buku nikah, Dinas Dukcapil mengeluarkan akta kelahiran bagi anak-anak para pihak pengguna layanan terpadu.

Pelaksanaan Sidang Itsbat Nikah

Tujuan dilaksanakan sidang terpadu ini adalah memberikan layanan prima  kepada masyarakat dengan mewujudkan one day service  pelayanan sidang itsbat nikah, pencatatan perkawinan dan pencatatan akta kelahiran dapat dilaksanakan satu hari.

Dengan adanya sidang Terpadu di Kabupaten sekadau maka secara langsung dapat memangkas biaya dan waktu Karena Pihak Pengadilan Agama Sanggau langsung datang ke Lokasi, ke tengah masyarakat sehingga masyarakat tidak perlu datang ke Sanggau. “ Imbuhnya.

Persidangan Itsbat Nikah

“Saya berpesan, berikan layanan sebaik-baiknya kepada masyarakat. Dan kepada para hakim pemeriksa perkara, harus hati-hati dalam memeriksa perkara. Jangan sampai ada penyelundupan hukum dalam perkara permohonan itsbat nikah yang bersifat volunteer dalam pelayanan terpadu ini,” kata Ketua PA Sanggau.

Kehadiran lengkap para top leaders pada pelayanan terpadu di Kabupaten Sekadau  menunjukkan betapa tingginya dukungan dan komitmen Pengadilan Agama, Kemenag dan Pemot/Dinas Dukcapil dalam menyajikan pelayanan kepada masyarakat tidak mampu Khususnya di Kabupaten Sekadau.

Sekda Sekadau Zakaria dalam sambutannya, menyatakan bahwa sebelumya meminta maaf karena Bupati berhalangan hadir dikarenakan ada agenda lain namun demikian tidak mengurangi komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau untuk terus mendukung Pelayanan terpadu diwilayahnya karena masih banyak masyarakat di Kabupaten Sekadau yang tidak mempunyai  Buku Nikah dan Akta Kelahiran.

Sekda Kab Sekadau berbincang dengan Ketua PA Sanggau

setiap peristiwa perkawinan harus tercatat oleh petugas pencatat nikah dan memiliki buku nikah agar tercipta administrasi kependudukan yang tertib sehingga nantinya memudahkan dalam pembuatan akte kelahiran serta kartu keluarga. Selain itu sebagai bukti outentik perkawinan serta menjamin hak-hak anak atau keturunan serta hak waris”Ujar Sekda Sekadau .

Penyerahan Akte Kelahiran Oleh DUKCAPIL Kab Sekadau

 “Pelayanan terpadu ini menjadi kebutuhan mendesak karena identitas hukum menjadi persyaratan utama dari semua administrasi negara, Kami sangat mendukung dan siap membantu pelayanan seperti ini. Semoga kedepannya pelayanan terpadu ini bisa diadakan lagi untuk masyarakat Sekadau”. Tambahnya

Penyerahan Buku Nikah Oleh KUA

Pada kesempatan yang sama, Aneng bin Abang Ali dan Istrinya Siti Hamdia binti Abang Deli salah satu pihak yang berperkara menyampaikan terimakasih kepada PA Sanggau dan Pemda Sekadau atas diselenggarakannya Kegiatan Sidang Terpadu ini (Itsbat Nikah),” hal ini sangat membantu kami, selama ini kami bingung bagaimana caranya kami mengurus Buku Nikah dan membuatkan Akte Kelahiran anak saya,karena untuk mengurus sekolah anak sekarang diperlukan Akte kelahiran, padahal saya menikah sudah puluhan tahun Sejak Tahun 1977 dan sah menurut agama, dan baru sekarang semuanya sudah terjawab. “Ujarnya dengan wajah yang bahagia. (Arf)







Info Perkara Anda

Informasi Perkara Banding
Pencarian Cepat Informasi Perkara bagi masyarakat umum dan Para Pencari Keadilan yang ingin mengetahui status perkaranya.

Rekapitulasi & Statistik Perkara SIPP

Rekapitulasi Data SIPP
Sebagai bentuk transparansi peradilan di bawah Mahkamah Agung Republik Indonesia, kami menyajikan data realtime terhadap kinerja pengadilan. Lihat rekapitulasi kinerja Pengadilan  Agama  SanggauLebih Lanjut

 

disajikan juga kinerja dari Pengadilan Agama Sanggau berupa Statistik Perkara sebagai bentuk transparansi dan layanan informasi Mahkamah Agung Republik Indonesia. Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi
Sebagai bentuk layanan informasi hukum dan perundangan, kami sajikan pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum baik pada Mahkamah Agung maupun Pengadilan Agama Sanggau. Gunakan form di bawah ini untuk melakukan pencarian cepat.

 

Cari di Mahkamah Agung Republik Indonesia :


Cari di Pengadilan Agama Sanggau :


Daftar Putusan Pengadilan Agama Sanggau

Daftar Putusan Pengadilan TinggiBerdasarkan SK KMA 144/KMA/VIII/2007 tentang Keterbukaan Informasi di Pengadilan. dan SK KMA Nomor 1-144/KMA/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan

Lebih Lanjut

Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi ?

Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi ?Berdasarkan SK KMA 144/KMA/VIII/2007 tentang Keterbukaan Informasi di Pengadilan. dan SK KMA Nomor 1-144/KMA/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan

Lebih Lanjut