logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Agama Sanggau

Jln. Jenderal Sudirman km 7 No. 14 A, Kode Pos 78511 , Sanggau, Kalimantan Barat.

PA Sanggau Gelar Sidang Itsbat Terpadu Perdana di kabupaten Sanggau

PA Sanggau Gelar Sidang Itsbat Terpadu Perdana di kabupaten Sanggau







Sanggau (05/08/2019) Pengadilan Agama Sanggau menggelar Sidang Itsbat Terpadu untuk pertama kalinya di Kabupaten Sanggau, kegiatan ini merupakan kerjasama  dengan Kementerian Agama Kabupaten Sanggau dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sanggau), Itsbat Nikah (pengesahan pernikahan) ini mendapat dukungan dari Bank Syariah Mandiri KCP. Sanggau lewat program CSRnya.
Sidang terpadu merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dan terkoordinasi dalam satu waktu antara Pengadilan Agama Sanggau, Kementerian Agama Kabupaten Sanggau dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sanggau), layanan yang diberikan adalah khusus pengesahan perkawinan (itsbat nikah) untuk keperluan pencatatan pernikahan oleh KUA dan pencatatan kelahiran anak oleh Dinas Pencatatan Sipil. Dengan adanya koordinasi dari Pemerintah Daerah, Kementerian Agama dan Pengadilan Agama diharapkan mampu memangkas birokrasi yang ada dan memberikan kemudahan bagi masyarakat pencari keadilan yang pernikahannya belum tercatat (belum memiliki buku nikah) khususnya bagi masyarakat yang kurang mampu di Kabupaten Sanggau.
Ketua Pengadilan Agama Sanggau M. Toyeb, S.Ag., M.H., menyampaikan bahwa Sidang Itsbat Nikah Terpadu ini merupakan salah satu usaha yang diberikan oleh Pengadilan Agama Sanggau untuk memberikan akses yang seluas-luasnya kepada masyarakat pencari keadilan yang kurang mampu sekaligus dalam rangka menjalankan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 01 Tahun 2015 tentang Pelayanan Terpadu Sidang Keliling Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama/Mahkamah Syar'iyah dalam Rangka Penerbitan Akta Perkawinan, Buku Nikah, dan Akta Kelahiran, mengharapkan kerjasama Pemerintah Daerah Kabupaten Sangau dan Kementerian Agama Kabupaten Sanggau.
Sidang Terpadu yang dilakukan di Desa Suka Mulya Kecamatan Parindu Kabupaten Sanggau dengan jumlah perkara yang diperiksa sebanyak 8 (delapan) pasang suami istri yang secara administrasi belum memiliki bukti sah menikah, dengan itsbat nikah maka pasangan tersebut memiliki bukti sah pernikahan mereka dan dapat digunakan untuk administrasi hak-hak dasar lainnya.
Panitera Pengadilan Agama Sanggau Kokon Furkon, S.H.I., menyampaikan bahwa program itsbat nikah akan terus dilaksanakan di Kabupaten Sanggau dengan melakukan pendataan pada tiap kecamatan agar masyarakat Kabupaten Sanggau khususnya masyarakat tidak mampu dapat memiliki buku nikah dan akta kelahiran. (red/15)









Info Perkara Anda

Informasi Perkara Banding
Pencarian Cepat Informasi Perkara bagi masyarakat umum dan Para Pencari Keadilan yang ingin mengetahui status perkaranya.

Rekapitulasi & Statistik Perkara SIPP

Rekapitulasi Data SIPP
Sebagai bentuk transparansi peradilan di bawah Mahkamah Agung Republik Indonesia, kami menyajikan data realtime terhadap kinerja pengadilan. Lihat rekapitulasi kinerja Pengadilan  Agama  SanggauLebih Lanjut

 

disajikan juga kinerja dari Pengadilan Agama Sanggau berupa Statistik Perkara sebagai bentuk transparansi dan layanan informasi Mahkamah Agung Republik Indonesia. Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi
Sebagai bentuk layanan informasi hukum dan perundangan, kami sajikan pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum baik pada Mahkamah Agung maupun Pengadilan Agama Sanggau. Gunakan form di bawah ini untuk melakukan pencarian cepat.

 

Cari di Mahkamah Agung Republik Indonesia :


Cari di Pengadilan Agama Sanggau :


Daftar Putusan Pengadilan Agama Sanggau

Daftar Putusan Pengadilan TinggiBerdasarkan SK KMA 144/KMA/VIII/2007 tentang Keterbukaan Informasi di Pengadilan. dan SK KMA Nomor 1-144/KMA/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan

Lebih Lanjut

Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi ?

Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi ?Berdasarkan SK KMA 144/KMA/VIII/2007 tentang Keterbukaan Informasi di Pengadilan. dan SK KMA Nomor 1-144/KMA/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan

Lebih Lanjut

 


  • Beranda PTA Pontianak

  • tidak dapat menampilkan berita ...