logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Agama Sanggau

Jln. Jenderal Sudirman km 7 No. 14 A, Kode Pos 78511 , Sanggau, Kalimantan Barat.

Dirjen Badilag Sampaikan Langsung Temuan Hasil Sidak

Dirjen Badilag Sampaikan Langsung Temuan Hasil Sidak

Jakarta | badilag.mahkamahagung.go.id

Tidak hanya menerbitkan surat edaran, Dirjen Badan Peradilan Agama (Badilag) Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. juga menyampaikan langsung hasil inspeksi mendadak (sidak) di wilayah PTA Makassar yang dilakukannya beberapa minggu yang lalu.

Sebelumnya, Dirjen telah mengedarkan surat nomor 0618/DjA/PS.00/II/2019 tentang hasil inspeksi mendadak yang setidaknya memuat 11 poin temuan.

Berdasarkan hasil wawancara langsung di beberapa pengadilan yang disidak, H. Aco Nur menilai bahwa pegawai pengadilan belum memahami kebijakan yang dikeluarkannya. “Kebijakan belum dipahami karena belum membacanya langsung, hanya dapat informasi dari sosialisasi” ungkapnya di hadapan pimpinan PTA/MS Aceh, pimpinan PA Se-Jabodetabek dan PA ibukota propinsi se-Indonesia, Senin sore (25/2/2019) di Lantai 12 Gedung Sekretariat MA, Jakarta.

Masih menurutnya, kalaupun kebijakan itu sudah disosialisasikan dan dipahami, H. Aco Nur menuntut pimpinan pengadilan untuk melakukan evaluasi terhadap keberlangsungan kebijakan itu.

“Setiap kebijakan harus cepat disosialisasikan. Jangan juga setelah sosilisasi ditelantarkan. Harusnya dievaluasi dan dikontrol terus menerus” tambahnya.

Masalah ketidakdisiplinan pegawai juga masih ditemukan. Beberapa pegawai sudah pulang sebelum waktunya. “Dari temuan itu, saya mewajibkan untuk melakukan apel pagi di Hari Senin dan apel sore di Hari Jum’at” tegasnya.

Tentang one day publish dan one day minutation, Dirjen Badilag mencontohkan PA Surabaya yang sudah berhasil menerapkannya. “Saya melihat langsung one day publish & one day minutation, tanpa rekayasa” katanya.

H. Aco Nur juga meminta pimpinan pengadilan untuk terus mengontrol websitenya. Menurutnya, website merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan pengadilan ke dunia luar atau instansi yang lain.

Badilag juga sedang mengembangkan beberpa aplikasi yang bersumber dari inovasi pengadilan. “Rencananya akan diluncurkan bulan depan” katanya.

Aplikasi yang dibangun yaitu aplikasi notifikasi perkara, informasi perkara, antrian sidang, aplikasi verifikasi data kemiskinan, e-eksaminasi, aplikasi PNBP ditambah Command Center Badilag. (hirpan hilmi)







Info Perkara Anda

Informasi Perkara Banding
Pencarian Cepat Informasi Perkara bagi masyarakat umum dan Para Pencari Keadilan yang ingin mengetahui status perkaranya.

Rekapitulasi & Statistik Perkara SIPP

Rekapitulasi Data SIPP
Sebagai bentuk transparansi peradilan di bawah Mahkamah Agung Republik Indonesia, kami menyajikan data realtime terhadap kinerja pengadilan. Lihat rekapitulasi kinerja Pengadilan  Agama  SanggauLebih Lanjut

 

disajikan juga kinerja dari Pengadilan Agama Sanggau berupa Statistik Perkara sebagai bentuk transparansi dan layanan informasi Mahkamah Agung Republik Indonesia. Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi
Sebagai bentuk layanan informasi hukum dan perundangan, kami sajikan pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum baik pada Mahkamah Agung maupun Pengadilan Agama Sanggau. Gunakan form di bawah ini untuk melakukan pencarian cepat.

 

Cari di Mahkamah Agung Republik Indonesia :


Cari di Pengadilan Agama Sanggau :


Daftar Putusan Pengadilan Agama Sanggau

Daftar Putusan Pengadilan TinggiBerdasarkan SK KMA 144/KMA/VIII/2007 tentang Keterbukaan Informasi di Pengadilan. dan SK KMA Nomor 1-144/KMA/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan

Lebih Lanjut

Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi ?

Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi ?Berdasarkan SK KMA 144/KMA/VIII/2007 tentang Keterbukaan Informasi di Pengadilan. dan SK KMA Nomor 1-144/KMA/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan

Lebih Lanjut